MUHASABAH

_Jika Imam Syafi’i Rohimahulloh merasa mendapat bencana disaat melihat betis seorang gadis yang tak sengaja tersingkap.._
_Aku malah merasa mendapat nikmat meski tak ku ungkap.._

_Jika Umar bin Khotthob Rodhiyallohu 'anhu menginfaq-kan kebun yang membuatnya ketinggalan sholat Ashar.._
_Aku malah biasa saja, berulang kali tertinggal sholat meskipun adzan terdengar berkumandang.._

_Jika Urwah bin Zubair Rodhiyallohu 'anhu tak terganggu sholatnya disaat pisau mengamputasi kakinya.._
_Aku bahkan terganggu, hanya karena seekor nyamuk yang menggigit .._

_Jika Nabi Ibrohim AS sangat menyesal karena pernah berbohong meski seumur hidupnya hanya tiga kali.._
_Aku malah santai saja, meski jumlah dustaku sudah tak terhitung lagi.._

_Jika ‘Aisyah Rodhiyallohu 'anha menyesal mengatakan “Shafiyah Si Pendek” yang bisa mengubah warna lautan.._
_Lalu bagaimana dengan gunjingan dari mulutku..?_
_Mungkin bisa membuat seluruh samudra menjadi pekat hitam legam...?_

_Jika Umar bin Abdul Azis Rodhiyallohu 'anhu bergetar menahan istrinya berbicara di ruangan yang diterangi pelita minyak yang dibiayai oleh negara.._
_Aku malah asyik menggunakan fasilitas negara atau perusahaan, seakan milikku saja.._

_Jika serpihan pagar kayu rumah seseorang yang dijadikan tusuk gigi dapat membuat “Sang Kyai” tertahan untuk masuk ke surga-NYA.._
_Aku malah enak saja menikmati mangga hasil jarahan kebun orang lain.._

_Sudah begitu…pede pula Aku meminta masuk ke surga-NYA.._

_Astaghfirullohal 'Azhiim Alladzii Laa ilaaha illa Huwal Hayyul Qoyyuum Wa Atuubu ilaih.._

_Memang hari ini dunialah yang nyata, dan akhirat hanya cerita.._

_Namun sesudah mati, akhiratlah yang nyata dan dunia tinggallah cerita..._

_Pesan Nabi Muhammad  SAW, :"Perbanyaklah mengingat kematian maka kamu akan terhibur dari (kelelahan) dunia, dan hendaklah kamu bersyukur.._

_Sesungguhnya bersyukur akan menambah nikmat Alloh, dan perbanyaklah do'a.._

_Sesungguhnya kamu tidak mengetahui kapan do'amu akan terkabul..." ._
_(HR.Ath-Thobroni)_

Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar